Performance

Festival Seni Performa Kaliwungu : Visual Audio Perfomance

Festival Seni Perfoma Kaliwungu 2018
visual-audio performance

Moch Hasrul X Vanja Dabic

Pertunjukan ini merupakan kolaborasi, eksperimentasi dan improvisasi. Bagaimana pertunjukan ini menghasilkan pengalaman yang tidak biasanya pada audiens. Eksperimentasi yang dilakukan adalah mencoba menggunakan prinsip tatavisual yang mana mencoba untuk menangkap objek visual. Objek visual yang ditangkap melalui berbagai aneka sudut, aneka dimensi dan aneka waktu. Eksperimentasi selanjutnya dilakukan pada proyeksi objek visual tersebut, yang mana tangkapan hasil visual tersebut ditembakan pada tanah yang membentuk objek yang memberikan kesan dimensi yang menyerupai.

Dalam pertunjukan ini menggunakan mainan yang didapat di daerah Kaliwungu, Jawa Tengah. Bagaimana saya melihat mainan merupakan objek teknologi yang digunakan khususnya anak kecil dalam keseharian.

Pertunjukan ini berkolaborasi dengan Vanja Dabic, Seorang musisi asal Belgrade, Serbia yang tinggal di Jogja. Dia tumbuh pada musik & seni di usia dini yang menghasilkan 15 tahun belajar piano klasik. Vanja mengeksplorasi karakter suara dalam musik elektronik & akustik, mendasarkan karyanya sebagian besar pada improvisasi. Dia bekerja di bidang produksi audio, tetapi sangat terinspirasi & digerakkan oleh sumber visual. Dengan cinta & minat yang kuat dalam produksi fotografi dan video, dia terlibat dalam banyak proyek yang menampilkan lebih banyak ekspresi seni secara satu sisi.

Pertunjukan ini merupakan kolaborasi pertama antara Moch Hasrul & Vanja Dabic. Dan pertunjukan ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Seni Perfoma Kaliwungu 2018. Yang diselenggarakan di Desa Mranggen, Jawa Tengah. Festival ini hasil kerja sama The House Third Swish dengan Mari Belajar Gallery Pertunjukan ini  mencoba memberikan pengalaman yang berbeda kepada penonton dengan eksplorasi dan eksperimentasi yang dihasilkan secara teknis dan konsep.

 

Foto oleh : 
Destian A Kurniawan
Hutomo Haryo

Video oleh :
Om Anja