Art Projects

Vox Populi, Vox Bibitulit

Vox Populi, Vox Bibitulit
Bak Besi, Horn Speakers dan Arduino.
2017

Menanggapi hubungan manusia dengan teknologi dan fenomena yang muncul dari masyarakat ini adalah latar belakang dari karya ini. Kekuatan horn speaker adalah senjata dalam menaklukkan lawan. Representasi simbol perlawanan terhadap pemegang kekuasaan atas nama rakyat, atas nama penindasan atas nama Tuhan. Interaktivitas dalam pekerjaan ini mengajak penonton untuk menemukan suara yang terdengar.

I. Background

Peradaban manusia modern menghasilkan beberapa kemajuan di berbagai bidang, salah satunya di bidang teknologi. Teknologi sebagai hasil dari ilmu terapan milik manusia. Hingga akhirnya teknologi tersebut tergabung dalam kehidupan manusia sebelumnya dan mempengaruhi ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, pendidikan dan politik yang pada prinsipnya teknologi merupakan media untuk membantu kehidupan manusia.

Saat ini, perkembangan teknologi berkembang pesat. Banyak inovasi teknologi yang diciptakan untuk membantu peradaban manusia menjadi lebih mudah. Mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan pada tingkat tertentu. digitalisasi, otomasi, dunia maya dan jaringan lainnya menjadi "layanan" teknologi yang diciptakan manusia untuk manusia itu sendiri di berbagai bidang yang mempengaruhi budaya manusia itu sendiri.

Dari beberapa perkembangan teknologi yang terjadi hingga saat ini. Salah satu motif utama yang disajikan oleh media seni adalah untuk merefleksikan perkembangan teknologi itu sendiri. Persepsi seperti itu mempengaruhi penulis untuk mengeksplorasi dan bereksperimen melawan perkembangan teknologi yang hadir sebagai bentuk artistik.

II. Concept

Seniman akan menggunakan seni sebagai proses kreatif yang dilakukan untuk memasukkan dan meng-hack fenomena yang terjadi di masyarakat. Pada kesempatan ini, penulis ingin bereksperimen dengan seni media sebagai bentuk medium, untuk menemukan karakteristik dan karakteristik seni media itu sendiri, dengan kata lain penulis mencoba mengenali ciri khas seni media terlebih dahulu.
Pada tingkat konteks, penulis mencoba mencari kesamaan dari teknologi yang sebelumnya digunakan, yang telah menjadi teknologi umum yang digunakan di masyarakat (khususnya di Indonesia) ke teknologi generasi ke-3 yang tampaknya dapat menyesuaikan teknologi yang ada, atau bahkan penemuan teknologi baru. Penulis mencoba menggabungkan teknologi. Menempelkan teknologi terbaru ke bentuk teknologi yang ada, dengan konteks tertentu. Sebuah representasi yang terjadi pada kenyataan yang diadaptasi dalam sebuah karya seni.
Penulis menggunakan pendekatan pemotretan suara sebagai bentuk presentasi proses dan gagasan. Penulis menggunakan kecerdasan buatan sebagai reaksi terhadap perkembangan teknologi generasi ke-3, dengan perangkat arduino. yang diaplikasikan pada laras yang bisa dipukuli dan menyalurkan respons suara ke beberapa speaker eksternal (TOA). Pengunjung bisa berinteraksi dengan pekerjaan ini. Yang mewakili interaktivitas manusia dengan teknologi.
Sebagai bentuk tong disebut sebagai wadah menyimpan benda cair seperti minyak, madu dan lain-lain. Di sisi lain, laras tersebut merupakan suara nyaring, di beberapa budaya terutama di Indonesia, tong banyak digunakan sebagai bahan utama teknologi bedug yang menyesuaikan atau mempengaruhi sifat alat musik drum, sebagai penanda awal panggilan untuk rutinitas. menyembah. Speaker luar banyak digunakan di berbagai sektor budaya, masjid-masjid di Indonesia menggunakan banyak teknologi speaker eksternal sebagai perpanjangan suara pemanggil untuk mengatakan bahwa seruan untuk berdoa telah tiba. Di bidang speaker eksternal lainnya di bidang militer, speaker luar juga digunakan sebagai penanda perluasan komando untuk menyebar ke seluruh markas militer.
Bentuk-bentuk ini tidak sengaja didefinisikan dalam bentuk budaya tertentu, penulis hanya mencoba menyetuh aspek sosio-kultural yang ada di Indonesia. Juga tidak secara langsung mencoba mengaitkan bentuk semacam itu sebagai asosiasi teknologi yang ada dalam satu aspek. Ini menjadi lapisan kedua dalam karya ini.

Reference

Observe the phenomenon of using horn speakers in the community.

Horn speakers (TOA) as media technology in the Society.

Horn speakers generate suggestions
Suggestion => Control, Exclamation => Power => Overthrowing the government