Art Projects

Vox Populi, Vox Bibitulit

Vox Populi, Vox Bibitulit
Bak Besi, Horn Speakers dan Arduino.
2017

Menanggapi hubungan manusia dengan teknologi dan fenomena yang muncul dari masyarakat ini adalah latar belakang dari karya ini. Kekuatan horn speaker adalah senjata dalam menaklukkan lawan. Representasi simbol perlawanan terhadap pemegang kekuasaan atas nama rakyat, atas nama penindasan dan atas nama Tuhan. Interaktivitas dalam karya ini mengajak apresiator untuk menemukan suara yang terdengar.

Background

Beberapa tahun terakhir ini, kekuatan masyarakat cukup disegani di Indonesia. Aksi masa dan demonstrasi di jalan dengan melibatkan ratus ribuan orang menjadi ketakutan tersendiri bagi penguasa (khususnya pemerintah). Beberapa kekuasaan akhirnya harus tumbang karena suara masyarakat yang menuntut cukup keras. Biasanya demonstrasi dijalan menggunakan "alat" yaitu mobil komando sebagai pengeras suara, dengan bentuk yang sangar alat tersebut berperan menjadi "kendaraan tempur".

Karya ini menggunakan kecerdasan buatan sebagai reaksi terhadap perkembangan teknologi generasi ke-3, dengan perangkat arduino. yang diaplikasikan pada laras yang bisa dipukuli dan menyalurkan respons suara ke beberapa speaker eksternal (TOA). Pengunjung bisa berinteraksi dengan karya ini. Yang mewakili interaktivitas manusia dengan teknologi.

Observe the phenomenon of using horn speakers in the community.

Horn speakers (TOA) as media technology in the Society.

Horn speakers generate suggestions
Suggestion => Control, Exclamation => Power => Overthrowing the government